Minggu, 16 Maret 2014

ANTROPOBIOLOGI BAB 8 " PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN ANAK USIA 0-8 TAHUN"



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Jauh sebelum dilakukan usaha untuk membahas anak-anak secara ilmiah, keyakinan trdisional digunakan sebagai pedoman oleh para orang tua dan guru dalam mendidik anak. Walaupun kenyataannya terdapat sedikit bukti bahwa keyakinan tradisional tersebut tepat atau sebagaian tepat, banyak diantarannya tetap dipertahankan hingga sekarang  sebagaimana halnya di masa lalu.
Mengapa demikian ? jawaban terbaik umumnya adalah tidak terdapat bukti ilmiah yang cukup untuk membuktikan bahwa keyakinan tradisional tersebut tidak benar.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 58 Tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini pasal 1 ayat ( 1 ) menyatakan bahwa standar pendidikan Anak Usia Dini terdiri atas : Standar  Tingkat Pencapaian Perkembangan , Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Isi, standar proses, standar penilaian, standar sarana dan prasarana, stadar pengelolaan dan standar pembiayaan

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian pendidikan ?
2.      Faktor apa yang mempengaruhi pendidikan ?
3.      Apa pengertian perkembangan ?
4.      Faktor apa yang mempengaruhi perkembangan ?

C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian pendidikan
2.      Untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pendidikan
3.      Untuk mengetahui pengertian perkembangan
4.      Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan


BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian Pendidikan
Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir. Sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal, non formal dan informal

·         Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakkan dasar beberapa anak berikut ini :
a.       Pertumbuhan dan perkembangan fisik ( koordinasi motorik halus dan kasar )
b.      Kecerdasan ( daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual )
c.       Sosioemosional ( sikap dan perilaku serta agama ) bahasa dan komunikasi yang disesuaikan dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini

·         Ruang lingkup pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut :
a.       Infant ( 0-1 tahun ) → masa bayi / kekanak-kanakan
b.      Todder ( 2-3 tahun ) → anak kecil
c.       Preschool / kindergarten children ( 3-6 tahun ) → sebelum sekolah ( Taman kanak-kanak )
d.      Early Primary School ( SD kelas awal ) ( 6-8 tahun ) → awal mula sekolah dasar

2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan
a.       Perkembangan IPTEK dan Seni
1)      Perkembangan IPTEK
Terdapat hubungan yang erat antara pendidikan dengan IPTEK ( Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ). Ilmu Pengetahuan merupaan hasil eksplorasi secara sistem dan terorganisir mengenai alam semesta dan teknologi adalah penerapan yang direncanakan dari ilmu pengetahuan untk memenuhi kebutuhan masyarakat

2)      Perkembangan Seni
Kesenian merupakan aktivitas berkreasi manusia secara individual ataupun kelompok yang menghasilkan sesuatu yang indah. Melalui kesenian manusia dapat menyalurkan dorongan berkreasi ( mencipta )  yang bersifat orsinil ( bukan tiruan ) dan dorongan spontanitas dalam menemukan keindahan . seni membutuhkan keindahan
b.      Laju Pertumbuhan Penduduk
Masalah kependudukan dan kependidikan bersumber pada 2 hal yaitu :
1)      Gambaran pertambahan penduduk
Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka penyediaan prasarana dan sarana pendidikan serta komponen penunjang terselenggarannya pendidikan harus ditambah
2)      Penyebaran Penduduk
Penyebaran penduduk diseluruh pelosok tanah air tidak merata. Sebaran penduduk seperti di gambarkan itu menimbulkan kesulitan dalam hal penyediaan dan penempatan guru
c.       Aspirasi masyarakat
Aspirasi masyarakat dalam banyak hal meningkat khususnya aspirasi terhadap pendidikan hidup yang sehat, aspirasi terhadap pekerjaan. Kesemuanya ini mempengaruhi peningkatan aspirasi terhadap pendidikan
d.      Keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan
Keterbelakangan budaya adalah suatu istilah yang diberikan oleh sekelompok masyarakat ( yang menganggap dirinya maju ) kepada masyarakat lain pendukung suatu budaya , kebudayaannya dipandang sebagai sesuatu yang bernilai dan baik

3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
a.       Faktor Teman Sebaya
Makin bertambah umur anak makin memperoleh kesempatan lebih luas untuk mengadakan hubungan-hubungan dengan teman sebayanya
b.      Budaya
Bagi perkembangan anak didik keragaman budaya sangat besar pengaruhnya bagi menta dan moral mereka

c.       Media masa
Dengan adanya media masa seorang anak dapat mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan dengan pesat
d.      Pendidikan
Baik pendidikan keluarga, pendidikan formal, disekolah maupun pendidikan di masyarakat
v  Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan Individu antara lain
a)      Kondisi individu
Individu berkembang sangat dipengaruhi kondisi kesehatan fisik dan psikisnya. Faktor hereditas ( keturunan ) dari mana individu itu berasal sangat menenutukan perkembangannya
b)      Kemampuan penyesuaian pribadi dan sosial individu
Kemampuan penyesuaian diri berkaitan dengan bagaimana individu itu menempatkan diri dalam lingkungan. Jika individu itu dapat diterima di lingkungannya, akan membuat perkembangannya optimal. Begitu pula sebaliknya jika anak ditolak oleh lingkungannya akan menjadikan anak bermasalah sehingga menghambat perkembangannya


BAB III
PENUTUP

·         Kesimpulan
Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis ( perubahan yang bersifat ketergantungan atau saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya, baik fisik maupun psikis dan merupakan suatu kesatuan yang harmonis ), progresif  ( perubahan yang bersifat maju, meningkat dan meuas baik secara kuantitatif / psikis ), dan berkesinambungan ( perubahan pada bagian atau fungsi organisme itu berlangsung secara beraturan atau berurutan ) dari dalam individu sejak lahir hingga akhir hayatnya atau dapat diartikan pula sebagai perubahan-perubahan yang dialami individu  menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya. Setiap individu akan mengalami proses perkembangan yang berlangsung melalui tahapn-tahapan perkembangan secara berantai
Misi pendidikan ialah menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan karena itu pendidikan selalu menghadapi masalah . oleh karena itu agar masalah-masalah pendidikan dapat dipecahkan, maka diperlukan rumusan tentang masalah-masalah pendidikan yang bersifat pokok yang dapat dijadikan acuan bagi pemecahan masalah-masalah praktis yang timbul dalam praktek pendidikan di lapangan


Daftar Pustaka
-          Elisabeth, B. Hurlock.1978 “ Perkembangan Anak” Jakarta : Erlangga
-          Maimunah Hasan. 2012 “ Pendidikan Anak Usia Dini”Jogjakarta : Diva Press.
-          http : //makalahdanskripsi.blogspot.com/2008/07/aspek-aspek perkembangan perilaku dan .html
-          http : //anakciremai.blogspot.com/2008/07 makalah-makalah psikologi entang intelegensi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar