BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Jauh sebelum
dilakukan usaha untuk membahas anak-anak secara ilmiah, keyakinan trdisional
digunakan sebagai pedoman oleh para orang tua dan guru dalam mendidik anak.
Walaupun kenyataannya terdapat sedikit bukti bahwa keyakinan tradisional
tersebut tepat atau sebagaian tepat, banyak diantarannya tetap dipertahankan
hingga sekarang sebagaimana halnya di
masa lalu.
Mengapa demikian
? jawaban terbaik umumnya adalah tidak terdapat bukti ilmiah yang cukup untuk
membuktikan bahwa keyakinan tradisional tersebut tidak benar.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor : 58 Tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini pasal
1 ayat ( 1 ) menyatakan bahwa standar pendidikan Anak Usia Dini terdiri atas :
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan
, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Isi, standar proses,
standar penilaian, standar sarana dan prasarana, stadar pengelolaan dan standar
pembiayaan
B. Rumusan
Masalah
1. Apa pengertian pendidikan ?
2. Faktor apa yang mempengaruhi pendidikan ?
3. Apa pengertian perkembangan ?
4. Faktor apa yang mempengaruhi perkembangan ?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian pendidikan
2. Untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi
pendidikan
3. Untuk mengetahui pengertian perkembangan
4. Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Pendidikan
Pendidikan Anak
Usia Dini ( PAUD ) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar
yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir.
Sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar
anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang
diselenggarakan pada jalur formal, non formal dan informal
·
Pendidikan
Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang
menitik beratkan pada peletakkan dasar beberapa anak berikut ini :
a. Pertumbuhan dan perkembangan fisik ( koordinasi
motorik halus dan kasar )
b. Kecerdasan ( daya pikir, daya cipta, kecerdasan
emosi, kecerdasan spiritual )
c. Sosioemosional ( sikap dan perilaku serta agama
) bahasa dan komunikasi yang disesuaikan dengan keunikan dan tahap-tahap
perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini
·
Ruang
lingkup pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut :
a. Infant ( 0-1 tahun ) → masa bayi /
kekanak-kanakan
b. Todder ( 2-3 tahun ) → anak kecil
c. Preschool / kindergarten children ( 3-6 tahun )
→ sebelum sekolah ( Taman kanak-kanak )
d. Early Primary School ( SD kelas awal ) ( 6-8
tahun ) → awal mula sekolah dasar
2.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan
a. Perkembangan IPTEK dan Seni
1) Perkembangan IPTEK
Terdapat
hubungan yang erat antara pendidikan dengan IPTEK ( Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi ). Ilmu Pengetahuan merupaan hasil eksplorasi secara sistem dan
terorganisir mengenai alam semesta dan teknologi adalah penerapan yang
direncanakan dari ilmu pengetahuan untk memenuhi kebutuhan masyarakat
2) Perkembangan Seni
Kesenian
merupakan aktivitas berkreasi manusia secara individual ataupun kelompok yang
menghasilkan sesuatu yang indah. Melalui kesenian manusia dapat menyalurkan
dorongan berkreasi ( mencipta ) yang
bersifat orsinil ( bukan tiruan ) dan dorongan spontanitas dalam menemukan
keindahan . seni membutuhkan keindahan
b. Laju Pertumbuhan Penduduk
Masalah kependudukan dan
kependidikan bersumber pada 2 hal yaitu :
1) Gambaran pertambahan penduduk
Dengan bertambahnya jumlah
penduduk, maka penyediaan prasarana dan sarana pendidikan serta komponen
penunjang terselenggarannya pendidikan harus ditambah
2) Penyebaran Penduduk
Penyebaran penduduk diseluruh
pelosok tanah air tidak merata. Sebaran penduduk seperti di gambarkan itu
menimbulkan kesulitan dalam hal penyediaan dan penempatan guru
c. Aspirasi masyarakat
Aspirasi masyarakat dalam banyak
hal meningkat khususnya aspirasi terhadap pendidikan hidup yang sehat, aspirasi
terhadap pekerjaan. Kesemuanya ini mempengaruhi peningkatan aspirasi terhadap
pendidikan
d. Keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan
Keterbelakangan budaya adalah suatu
istilah yang diberikan oleh sekelompok masyarakat ( yang menganggap dirinya
maju ) kepada masyarakat lain pendukung suatu budaya , kebudayaannya dipandang
sebagai sesuatu yang bernilai dan baik
3. Faktor-faktor
yang mempengaruhi perkembangan
a. Faktor Teman Sebaya
Makin bertambah umur anak makin
memperoleh kesempatan lebih luas untuk mengadakan hubungan-hubungan dengan
teman sebayanya
b. Budaya
Bagi perkembangan anak didik
keragaman budaya sangat besar pengaruhnya bagi menta dan moral mereka
c. Media masa
Dengan adanya media masa seorang
anak dapat mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan dengan pesat
d. Pendidikan
Baik pendidikan keluarga,
pendidikan formal, disekolah maupun pendidikan di masyarakat
v Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan
Individu antara lain
a) Kondisi individu
Individu berkembang sangat
dipengaruhi kondisi kesehatan fisik dan psikisnya. Faktor hereditas ( keturunan
) dari mana individu itu berasal sangat menenutukan perkembangannya
b) Kemampuan penyesuaian pribadi dan sosial
individu
Kemampuan penyesuaian diri
berkaitan dengan bagaimana individu itu menempatkan diri dalam lingkungan. Jika
individu itu dapat diterima di lingkungannya, akan membuat perkembangannya
optimal. Begitu pula sebaliknya jika anak ditolak oleh lingkungannya akan
menjadikan anak bermasalah sehingga menghambat perkembangannya
BAB
III
PENUTUP
·
Kesimpulan
Perkembangan
dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis ( perubahan yang bersifat
ketergantungan atau saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya, baik
fisik maupun psikis dan merupakan suatu kesatuan yang harmonis ), progresif ( perubahan yang bersifat maju, meningkat dan
meuas baik secara kuantitatif / psikis ), dan berkesinambungan ( perubahan pada
bagian atau fungsi organisme itu berlangsung secara beraturan atau berurutan )
dari dalam individu sejak lahir hingga akhir hayatnya atau dapat diartikan pula
sebagai perubahan-perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya.
Setiap individu akan mengalami proses perkembangan yang berlangsung melalui
tahapn-tahapan perkembangan secara berantai
Misi pendidikan
ialah menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan karena itu pendidikan
selalu menghadapi masalah . oleh karena itu agar masalah-masalah pendidikan
dapat dipecahkan, maka diperlukan rumusan tentang masalah-masalah pendidikan
yang bersifat pokok yang dapat dijadikan acuan bagi pemecahan masalah-masalah
praktis yang timbul dalam praktek pendidikan di lapangan
Daftar
Pustaka
-
Elisabeth,
B. Hurlock.1978 “ Perkembangan Anak” Jakarta
: Erlangga
-
Maimunah
Hasan. 2012 “ Pendidikan Anak Usia Dini”Jogjakarta
: Diva Press.
-
http :
//makalahdanskripsi.blogspot.com/2008/07/aspek-aspek perkembangan perilaku dan
.html
-
http :
//anakciremai.blogspot.com/2008/07 makalah-makalah psikologi entang
intelegensi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar