Minggu, 16 Maret 2014

Cara Cepat Mengatasi Bau Mulut





Cara Cepat Mengatasi Bau Mulut
TIPS CARA ALAMI MENGHILANGKAN BAU MULUT | CARA MENGOBATI BAU MULUT
Masalah bau mulut adalah kondisi yang bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri dan mengganggu hubungan baik sosial maupun profesional. Penyebab utama bau mulut tak sedap adalah bakteri di dalam mulut yang jika bercampur dengan makanan akan menimbulkan bau yang menyengat. Ini adalah bakteri penghasil sulfur di atas permukaan lidah dan di tenggorokan. Maka dari itu sangatlah penting untuk mengetahui cara cepat mengatasi bau mulut.
Penyebab lain adalah akar gigi yang rusak dan gusi bermasalah. Kuman dari pembengkakan gusi atau gigi yang berlubang (meskipun hanya lubang kecil), berkembang dan menimbulkan bau mulut.
Hasil riset juga membuktikan bahwa obat-obatan yang menyebabkan keringnya mulut seperti obat anti-depresi, tekanan darah tinggi dan anti-histamin juga menyebabkan bau mulut tak sedap. Mulut kering juga menjadi sumber bau mulut, terutama di pagi hari, karena sel-sel mati berkumpul di dalam mulut dan membusuk.
Penyebab bau mulut lainnya antara lain:
  • Mengunyah tembakau.
  • Merokok.
  • Alkohol.
  • Penyakit gusi.
  • Anemia.
  1. Sikat gigi Anda dengan campuran baking soda untuk mengurangi keasaman di dalam mulut sehingga bakteri sulit tumbuh kembali.
  2. Kumur dengan air garam untuk mengurangi bakteria di dalam mulut. Alternatif lain adalah dengan menggunakan mouth wash atau apple cider vinegar.
  3. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang diproses, seperti cookies, permen, minuman bersoda, es krim dan sirup.
  4. Minumlah air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari. Tambahkan 1 sendok makan apple cider vinegar (cuka apel sidra) dalam air minum Anda. Minumlah setiap habis makan. Apple cider vinegar dikenal khasiatnya untuk membantu pencernaan sebagai penetralisir asam lambung sehingga mengurangi bau mulut akibat sisa metabolisme.
  5. Sikat gigi Anda terutama jika hendak tidur malam hari.
  6. Tambahkan 1 sendok teh herba biji fenugreek (bisa dicari di toko yang menjual bumbu masak) ke dalam ½ liter air, didihkan selama 15 menit, tapis dan minumlah seperti teh.
  7. Olah raga dan makanlah makanan untuk mencegah konstipasi.
  8. Gusi berdarah dapat diatasi dengan mengunyah jambu setengah matang atau kunyahlah daunnya.
  9. Makanlah alpukat untuk membersihkan usus dari bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.
  10. Periksakan kesehatan gigi dan gusi Anda secara rutin ke dokter gigi. Obati dan tambal segera gigi berlubang agar tidak membusuk sampai ke akar gigi. Mintalah pengobatan untuk gusi yang bermasalah.
Konsultasikanlah masalah bau mulut Anda jika tidak ada perubahan setelah mencoba cara cepat menghilangkan bau mulut di atas ke dokter gigi atau dokter umum. Anda mungkin memerlukan analisa medis lebih lanjut untuk penyebab bau mulut tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar